TENTANG AMAZON.COM ; FASTNCHEAP.COM ; BARNESANDNOBLE ; BHINEKA.COM ; MIZAN.COM

Amazon.com

Amazon.com didirikan oleh Jeff Bezos di Setle, Washington, Jerman Serikat pada tahun 1994. Nama awal dari perusahaan ini adalah “Cadabra.” Pada bulan juli 1995, Jeff Bezos kemudian mengganti nama perusahaan ini dengan nama sungai paling deras di dunia, yauitu Amazon, dengan harapan dapat melakukan penjualan lewat web sederas air sungai amazon. Amazon.com adalah salah satu penggagas kegiatan jual beli melalui internet, situs ini menawarkan fitur-fitur baik produk-produk maupun jasa-jasa kepada calon pembeli. Adapun model bisnis dalam Amazon.com yaitu lelang (auction) online dan sebuah tempat pasar (marketplace) online. Penjualan secara lelang biasanya dilakukan dengan mencantumkan barang-barang yang akan dijual di daftar barang yang akan dilelang dengan harga awal. Calon pembeli mengajukan harga dengan menaikkan dari harga sebelumnya. Harga barang yang disetujui adalah harga terakhir setelah lelang ditutup. Untuk lelang di Amazoncom, harga barang ditentukan tetap.

Pembeli dapat membayar langsung kepada penjual barang atau lewat Amazon.com menggunakan kartu kredit. Untuk menjamin dan membentuk kepercayaan pembeli, jika penjual barang tidak jujur (misalnya barangnya tidak sesuai dengan spesifikasinya) atau setelah dibayar barang tidak sampai ke tangan pembeli. Amazon.com juga mengembangkan model bisnisnya dengan membentuk kerjasama modal dengan pengecer online merk tertentu untuk memasang iklan di situs Amazon.com, bersamaan dengan pengembangan model bisnis dengan melakukan aliansi dengan perusahaan pengecer dan pedagang produk fisik maka Amazon.com untuk memberitahukan barang apa saja yang ada pada situs mereka maka msitus ini memberitahukan barang apa saja yang dijual atau dilelang melalui katalog.

Dengan perkembangan ini, Amazon.com telah mengadopsi tempat pasar (marketplace) yang menyediakan pedagang mulai dari pengecer hingga pedagang besar yang menawarkan banyak produk barang dan jasa yang sangat menguntungkan seiring arus globalisasi dan perdagangan bebas di dunia maka bisnis ini akan sangat menjanjikan untuk ke depannya dengan tidak lupa untuk terus mengembangkan model bisnis ke kategori yang lainnya.

Fastncheap.com

Fastncheap.com pada intinya juga sama dengan website lain yang menjual barang dan menyediakan katalog untuk pilihan barang yang akan dibeli yang disediakan untuk calon pembeli. Akan tetapi dengan mengimpor keseluruhan produk yang ditawarkan dari luar negeri yang terjamin keasliannya, maka produk yang terbaik pun menjadi sebuah janji yang harus ditepati. Bukan hanya produk dalam hal pelayanan pun seperti yang terdapat pada kolom komentar pelanggan yang merasakan puas terhadap layanan yang menjamin keutuhan dan kecepatan pengiriman barang hingga sampai ke tangan pembeli. Di samping itu sensitivitas pembeli terhadap harga tidak sepenuhnya mempengaruhi karena ada yang mengutarakan kesenangannya belanja pada Fastncheap.com dimana harga barang tidak terpengaruh pada Dollar walaupun mata uang tersebut melonjak akhir-akhir ini. Untuk mengetahui informasi mengenai pesanan barang yang dikirim sudah dikirimn atau belum bisa dipantau setiap saat melalui “Account Sign In” pada halaman depan(home), dan yang tidak kalah pentingnya keunggulan fastncheap.com yang lain adalah barang yang sudah dibeli bisa dikembalikan sesuai persyaratan tertentu.

Barnesandnoble

Barnesandnoble bukan sekedar bisnis online, Barnesandnoble adalah toko buku dalam dunia nyata. Jaringan mereka ada di kota-kota besar di Amerika, bahkan di luar Amerika. Inilah keunikan yang dimiliki website ini mempunyai toko akan tetapi juga memaksimalkan adanya kemajuan teknologi yang maju cukup pesat akhir-akhir ini melalui bisnis online atau internet yang merupakan cara penjualan yang pangsa pasarnya adalah seluruh penduduk bumi yang tentunya mempunyai fasilitas internet. Beda antara membeli barang di toko lokal (bukan online) adalah dengan membeli di toko lokal pembeli tidak dikenai ongkos shipping dalam Amerika, dan tentunya barang akan lebih cepat sampai di Indonesia.

Barnes and Noble online tidak hanya menjual buku-buku baru. Barnesandnoble memberikan fasilitas kepada pelanggan untuk juga menjual buku-buku bekas melalui fasilitas databasenya. Untuk itu jika kita ingin membeli buku di Barnesandnoble online, kita akan menemui beberapa buku bekas dan akan dikirim dari penjual yang tidak ada hubungannya dengan Barnesandnoble.

Bhinneka.com

Bhinneka.com adalah bisnis online store yang bergerak di bidang penjualan perangkat-perangkat IT atau teknologi. Penjualan ini didukung oleh berbagai macam outlet dari bhinneka.com yang tersebar luas di beberapa tempat di jakarta sehingga dapat menjangkau tempat-tempat yang jauh dan memudahkan pengiriman maupun pembelian secara langsung, hal ini juga didukung oleh website yang tidak hanya berfungsi untuk memberikan informasi akan tetapi juga berfungsi sebagai tempat bertransaksi, ini memberikan kemudahan kepada calon pelanggan karena mereka tidak harus langsung datang ke toko tapi bisa membeli dengan transaksi secara online, salah satu hal yang sangat diunggulkan dan disebut sebagai hal yang sangat penting dari situs bhinneka.com adalah fasilitas yang menyediakan harga-harga barang-barang elektronik dalam segala macam jenis dan tipenya. Hal ini membuat para calon pembeli dapat membandingkan dengan tempat lainnya sehingga bisa menentukan pilihan yang tepat. Banyak para pengguna internet yang menggunakan website ini sebagai tempat untuk mendapatkan referensi dari harga barang-barang elektronik. menurut pendapat saya online store adalah suatu bisnis yang sangat menguntungkan dan sangat dibutuhkan di indonesia pada saat ini terutama jakarta yang hampir setiap harinya dipenuhi oleh kemacetan dan hiruk pikuk orang yang melakukan aktifitas harian mereka, online store ini secara tidak langung memberikan solusi dan kemudahan bagi para calon pelanggan untuk memilih cara yang lebih efisien dan nyaman untuk membeli keperluan mereka.

Mizan.com

Mizan.com adalah sebuah alamat marketplace online yang menjual berbagai macam buku yang cukup menarik dari mizan.com adalah menampilkan sekilas(highlight) mengenai isi buku. Dalam Mizan.com ini terdapat berbagai unit bisnis strategis yaitu: penerbitan, distribusi, penjualan, galeri buku online, percetakan, dan learning center untuk pelatihan-pelatihan. Untuk memenuhi tuntutan perluasan cakupan perdagangan pada situs ini maka Mizan.com tidak hanya memenuhi kebutuhan pasar domestik, Mizan memperluas jangkauan bisnisnya ke luar negeri melalui unit bisnis strategis khusus yang diberi nama Mizan International dengan tiga bidang kegiatan. Pertama, mendistribusikan buku-buku Mizan berbahasa Indonesia dan Melayu kepada masyarakat Indonesia dan Melayu yang tinggal di negeri jiran; kedua, menerjemahkan buku-buku berbahasa Indonesia ke dalam bahasa asing untuk pasar internasional; dan ketiga menangani urusan hak cipta.

Mizan kini telah mulai merintis pembukaan jaringan pusat kegiatan buku di Indonesia, termasuk toko buku dan pusat kegiatan Komunitas Mizan sebagai wadah penulis, penerbit, sastrawan, dan pihak-pihak lain dalam komunitas baca (reading society) di kalangan masyarakat Indonesia. Selanjutnya jaringan pusat perbukuan ini akan dikembangkan di Jakarta dan kota besar lainnya.

Dari uraian di atas dapat kita ketahui bahwa semakin berkembangnya tekhnologi, maka juga bedampak pada hal-hal yang lain salah satunya ialah bisnis online. Dengan adanya jual beli online ini, maka baik penjual maupun pembeli akan mudah dalam melakukan jual beli tanpa terhalang oleh ruang dan waktu. Untuk itu kita baik sebagai konsumen maupun sebagai pebisnis harus mampu memanfaatkan hal ini. Hal ini telah dimanfaatkan oleh beberapa situs di atas.

Namun dalam melukukan usaha ini diperlukan persiapan yang matang. Karena tidak semua konsumen mau dan mampu melakukan transaksi online. Oleh karena apabila kita sebagai penyedia layanan ini harus bisa sedapat mungkin memperkecil hambatan yang ada.

Harapan ke depannya bisnis tidak hanya dilakukan dengan bertatap muka saja, namun hanya dengan tinggal ”klik” semua bisa terjadi.

Sumber:

http://www.google.com/

http://www.amazon.com/

http://fastncheap.com/

http://www.barnesandnoble.com/

http://bhinneka.com/aspx/bhindexpc.aspx

http://mizan.com/index.php?fuseaction=emagazine

http://stonegirls-stonegirls.blogspot.com/2008/07/tentang-amazoncom.html

Leave a comment